Pelatihan Pengenalan Sistem Kendali Kecurangan (FCP) bagi Auditor, Eksekutif dan Manajemen - Agustus

PRICE
Rp4,000,000.00

Start

23-August-2018 - 08:00

End

24-August-2018 - 17:00

Address

Oria Hotel Jl. K.H. Wahid Hasyim No.85 Jakarta Pusat   View map

Persoalan fraud merupakan persoalan global, bukan hanya masalah suatu korporasi yang berdiri sendiri. Fraud pada umumnya dilakukan oleh para karyawan yang memahami dan paling mengerti operasi internal di tempat kerja mereka. Pelaku fraud umumnya memanfaatkan keuntungan atas kelemahan pengendalian internal perusahaan. Pilar pencegahan fraud dilandasi oleh 5 (lima) prinsip dasar yaitu;

  1. Tone at the top, keteladanan pimpinan
  2. Kebijakan dan pedoman yang mengatur batasan kewenangan dan tanggungjawab.
  3. Budaya organisasi
  4. Tata kelola organisasi dan
  5. Sistem kendali fraud.

Teknik pengendalian kecurangan dan WBS merupakan strategi manajemen korporasi yang berisi rancangan kebijakan anti-fraud yang tersusun secara komprehensif integralistik dan diimplementasikan dalam bentuk pengendalian fraud. Sistem Kendali Kecurangan memiliki 4 pilar yang harus di elaborasi secara lebih seksama, yaitu:

  1. Aspek Pencegahan.
  2. Aspek pendeteksian fraud.
  3. Investigasi, Pelaporan dan Penjatuhan Sanksi.
  4. Proses Pemantauan Evaluasi dan Tindak Lanjut

Proses asesmen/penilaian terhadap fraud umumnya baru dilakukan oleh suatu organisasi/korporasi apabila telah menjadi korban atas insiden fraud pada organisasi/korporasi atau entitasnya. Selama ini pelaksanaan asesmen/penilaian risiko fraud (FRA) lebih banyak diserahkan kepada auditor/konsultan eksternal. Seiring dengan perjalanan waktu, internal audit dituntut oleh manajemen senior untuk mampu melakukan asesmen risiko fraud sendiri. Hal ini dianggap lebih tepat dan bijaksana karena internal audit lebih mengetahui persoalan masalah finansial dan fungsi operasi bisnis dibanding eksternal auditor. Internal audit lebih mudah memahami bagaimana fraud bisa terjadi dalam proses tertentu, transaksi, dan prosedur bisnis.

Materi Meliputi :

  • Penjelasan mengenai gambaran umum fraud dan fraud risk management.
  • Memetakan komitmen, kebijakan dan lingkungan pengendalian terkait fraud.
  • Fraud risk assessment- pengujian kerentanan terhadap fraud, menentukan unsur-unsur dan atribut terkait.
  • Proses penilaian risiko fraud pada tingkat entitas, pengujian kerentanan pada tingkat transaksional, dan merumuskan skema kecurangan.
  • Mengidentifikasi modus operandi, skenario kecurangan dan penyusuan fraud risk register pada tataran entity wide dan transaksional.
  • Pengujian terhadap eksisting control, pengukuran risiko residual, dampak risiko fraud, langkah-langkah yang harus ditempuh untuk mitigasi risiko kecurangan.
  • Teknik & metodologi pencegahan dan pendeteksian atas titik-titik kritis kecurangan (fraud) dan komunikasi kebijakan anti fraud.

Download Brosur  

MORE DETAIL

Phone

021-3199 7495

Email

info@lpfa.co.id